SABIT SUPER, SABIT SUMBERSUKO

Sumbersuko.red – Sebagai salah satu desa yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya bertani, tentu  saja ada beragam inovasi penduduk dalam menciptakan sesuatu yang berkaitan dengan pertanian. Seperti yang dilakukan oleh salah satu Penduduk Desa Klompang yang akrab disapa dengan “Pak Yus.” Sejak 20 tahun yang lalu, beliau memulai usahanya yaitu memproduksi sabit. Sabit atau dengan kata lain dikenal “arit” atau “clurit” merupakan suatu alat yang digunakan oleh para petani pada saat panen telah tiba.

Pak Yus merupakan pemilik usaha industri rumah tangga sabit yang juga berjasa dalam menciptakan lapangan kerja bagi penduduk sekitar Desa Klompang. Awalnya usaha ini dirintis sebagai usaha keluarga, namun seiring berjalannya waktu, Pak Yus mulai memberdayakan tetangga-tetangga di sekitarnya.

Sabit hasil produksi Pak Yus ini telah banyak didistribusikan ke beberapa daerah di Bondowoso. Usaha Sabit Pak Yus ini melayani pemesanan sabit dalam berbagai ukuran. Waktu pengerjaan sabit ini bervariasi antara satu sampai dua minggu tergantung besarnya ukuran sabit yang dipesan.

Satu hal yang menjadi keunikan dari sabit yang diproduksi oleh Pak Yus yaitu produk ini merupakan produk home made dimana bahan utama yang digunakan terbuat dari besi-besi bekas yang diperoleh Pak Yus dari Pengepul Besi Tua. Produk sabit ini merupakan salah satu produk unggulan khas Desa Sumbersuko-Kecamatan Curahdami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *