PENTINGNYA PRODUK UNGGULAN, MAHASISWA KKN KENALKAN OVOP

Sumbersuko.red – Peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat dapat ditempuh dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah melalui peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengembangkan wirausaha. Salah satu program yang dititpkan Pemerintah Daerah Bondowoso kepada mahasiswa KKN adalah terkait pengembangan produk desa menjadi sebuah produk unggulan. Program ini dikenal dengan OVOP (One Village One Product).

Pada hari Selasa (15/08/2017) bertempat di Balai Desa Sumbersuko, Pemerintah Desa Sumbersuko bersama Mahasiswa KKN UMD (12) Universitas Jember melaksanakan Sosialisasi Program OVOP. Acara ini diikuti oleh beberapa lapisan masyarakat, seperti Kepala Desa beserta Perangkat Desa Sumbersuko dan beberapa warga yang sebelumnya telah memiliki bisnis pribadi dengan skala kecil dan menengah, baik itu pengusaha keripik, pengrajin sabit, pengrajin besek ikan, dan pengrajin sarang burung.

Pelaksanaan Sosialisasi OVOP ini disambut baik oleh berbagai pihak, terutama bagi para pemilik UMKM tersebut. Hal ini terlihat dengan antusiasme warga yang aktif mengajukan pertanyaan kepada Mahasiswa KKN terkait dengan pengembangan produk mereka. Dalam kegiatan tersebut, Mahasiswa KKN juga melakukan mini demo untuk mencontohkan inovasi keripik singkong.

Acara Sosialisasi OVOP ini berjalan dengan lancar dengan ditutup oleh foto bersama antara para penduduk Pemilik UMKM, Perangkat Desa Sumbersuko, dan Mahasiswa KKN UMD (12). Dalam beberapa waktu sebelum acara tersebut berakhir, Bapak Satip selaku Sekdes berpesan agar masyarakat tidak sungkan-sungkan untuk berkonsultasi kepada mahasiswa terkait dengan bisnis yang mereka miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *