PENGUNDIAN NOMOR URUT CALON KEPALA DESA, TANDA DIMULAINYA PESTA RAKYAT DESA SUMBERSUKO

Sumbersuko.red – Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya ditentukan oleh kelengkapan unsur-unsur yang ada di dalamnya, salah satunya adalah seorang pemimpin. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu mewadahi aspirasi anggotanya serta bersedia untuk merespon dan menyalurkan aspirasi tersebut menjadi suatu kebijakan yang menciptakan kondisi yang sesuai dengan harapan anggotanya. Selain itu, seorang pemimpin merupakan cerminan dari suatu kaum sehingga dalam penentuan seorang pemimpin perlu memperhatikan berbagai aspek.

Salah satu organisasi penting dalam pemerintahan di Indonesia  adalah Desa. Berdasarkan adanya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka setiap desa yang ada di Indonesia memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh sebab itu, sebagai respon awal dalam memenuhi kewajiban dalam undang-undang tersebut, salah satu tanggung jawab yang harus dilaksanakan adalah mempersiapkan kepala desa sebagai pusat kontrol atas pelaksanaan segala kegiatan dan pengambilan keputusan yang ada di desa.

Sebagai upaya dalam mempersiapkan kepala desa yang mampu membawa Desa Sumbersuko ke arah yang lebih baik lagi, pada Hari Kamis, Tanggal 26 Oktober 2016, telah dilaksanakan agenda pengundian nomor urut calon Kepala Desa yang juga diikuti oleh Calon Kepala Desa Sumbersuko. Pada periode ini, terdapat 2 calon yang akan melaju dalam Pemilihan Kepala Desa Sumbersuko pada Bulan November 2017. Pengundian nomor urut ini diadakan di Pendopo Kecamatan Curahdami. Pengundian nomor urut Calon Kepala Desa ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan sebelum diadakannya agenda pemilihan kepala desa dengan tujuan untuk meningkatkan kesiapan kepala desa serta masyarakat setempat untuk mengenal kepala desanya lebih jauh.

Agenda pengundian nomor urut calon kepala desa ini berjalan dengan sangat lancar. Untuk meningkatkan transparansi dalam pelaksanaan pemerintahan desa, agenda  ini dihadiri oleh beberapa pihak, antara lain Muspika Kecamatan Curahdami, Kapolsek Curahdami, Danramil Curahdami, Panitia Pilkades, 2 Calon Kepala Desa yaitu Jamal dan Sugianto serta saksi dari masing-masing calon kepala desa dan para undangan lainnya. Acara ini ditutup dengan pembacaan doa yang diiringi harapan bahwa  pelaksanaan Pilkades di desa-desa yang berada dalam Kecamatan Curahdami dapat berlangsung dengan tertib dan menghasilkan Kepala Desa yang amanah dan bertanggungjawab kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *