PPID, Sarana Membangun Sinergitas Antara Masyarakat dengan Pemerintah Desa.

Bondowoso – Pembangunan Indonesia secara menyeluruh dimulai dari adanya sinergitas yang mendasar dari berbagai lini, salah satunya adalah mengoptimalkan SDM yang ada di desa. Dalam perwujudan pembangunan tersebut, perlu adanya suatu wadah yang mampu menampung dan menyalurkan aspirasi, potensi, dan masalah yang ada di desa tersebut. Pada hari Selasa (25/07/2017) bertempat di Balai Desa Sumbersuko, aparat desa mulai beranjak membangun sinergitas sebagai upaya peningkatan kapasitas desa melalui Pembentukan Kelembagaan Petugas Pengelola Informasi Desa (PPID). PPID merupakan suatu kelembagaan yang disusun dengan komitmen dasar untuk mengelola dan mengolah Website Desa serta SAID (Sistem Administrasi dan Informasi Desa).

Acara ini dimulai tepat pada pukul 11.00 yang diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Sumbersuko serta penyampaian materi pentingnya pembentukan PPID oleh narasumber dari KKN UMD (12) Universitas Jember. Musyawarah ini dihadiri oleh 15 orang perangkat desa yang terdiri atas Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Dusun, Kepala Seksi, dan perangkat serta elemen masyarakat lainnya. Pada kesempatan ini, Perangkat Desa yang didampingi oleh KKN UMD (12) Universitas Jember telah memutuskan dan melantik Struktur Kelembagaan Petugas Pengelola Informasi Desa (PPID) yang selanjutnya akan menghadiri Rapat Tim dan Musyawarah lanjutan untuk membahas Peraturan Kepala Desa serta pelatihan intensif.

Musyawarah ini diakhiri dengan pembacaan berita acara dan penegasan komitmen Kepala Desa beserta Seluruh Perangkat Desa untuk menjalankan tugas dan wewenang Kelembagaan PPID yang telah dibentuk dengan sungguh-sungguh. “Karena Kelembagaan PPID ini sudah terbentuk, diharapkan kedepannya para pengurus yang telah terpilih dapat menjalankan tugas dan wewenangnya masing-masing sehingga apa yang kita harapkan terkait Website Desa dan SAID dapat berjalan dengan lancar,” ujar Bapak Sugianto selaku Kepala Desa Sumbersuko []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *